PENGEMBANGAN USAHA RENGGINANG MELALUI PELATIHAN PERENCANAAN PEMASARAN DIGITAL DI DESA TIRIPAN

Authors

  • Mutasim Billah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Titi Susilowati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Fiki Hendy Ismawan UPN Veteran Jawa Timur
  • Mutia Ristina Nur Aini UPN Veteran Jawa Timur
  • Rachmad Ramadhan Yogaswara Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/jatekk.v2i1.23

Keywords:

pemasaran digital, rengginang, Tiripan

Abstract

Rengginang adalah salah satu makanan tradisional khas Indonesia yang dibuat dari bahan beras ketan putih atau hitam, umumnya berbentuk lingkaran dengan ukuran tertentu, berasa manis atau gurih, dan mempunyai tekstur renyah. Namun, usaha rengginang ini belum berkembang baik, karena pengelola usaha masih menggunakan media pemasaran konvensional sebatas lingkungan desa. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk
meningkatkan target konsumen dan membekali pengetahuan masyarakat mengenai pemasaran dengan media digital. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan memberikan pendampingan dan praktek perencanaan pemasaran digital untuk pengembangan pemasaran bagi pemilik usaha rengginang di Desa Tiripan. Hasil yang diperoleh adalah sebuah website Pelatihan Perencanaan Pemasaran Digital Produk Rengginang Tiripan sebagai promosi awal bagi pelaku usaha rengginang Tiripan untuk meraih konsumen global. Dengan demikian, produk camilan Tiripan tidak hanya bergantung pada konsumen di lingkungan desa Tiripan dan sekitarnya, melainkan meluas hingga ke ranah internasional. 

Downloads

Published

2024-05-22

How to Cite

Billah, M. ., Susilowati, T., Hendy Ismawan, F. ., Ristina Nur Aini, M. ., & Ramadhan Yogaswara, R. . (2024). PENGEMBANGAN USAHA RENGGINANG MELALUI PELATIHAN PERENCANAAN PEMASARAN DIGITAL DI DESA TIRIPAN. JATEKK, 2(1), 36–39. https://doi.org/10.33005/jatekk.v2i1.23

Most read articles by the same author(s)