IMPLEMENTASI MEDIA SOSIAL DAN APLIKASI E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK OLAHAN KIMCHI DI DESA GIRIPURNO
DOI:
https://doi.org/10.33005/jatekk.v3i2.69Keywords:
e-commerce, kimchi, media, sosialAbstract
Desa yang maju adalah desa yang memiliki potensi sumber daya sosial, ekonomi dan ekologi, serta kemampuan mengelolanya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, kualitas hidup manusia, dan menanggulangi kemiskinan dan Desa Giripurno merupakan salah satu desa yang memiliki potensi sumber daya alam yang sangat melimpah. Salah satu komoditi yang melimpah di desa tersebut adalah sayur sawi. Berbeda dengan persediaannya yang melimpah, harga dari sayur sawi di pasaran pun juga sangat rendah, sehingga diusulkanlah
kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melalui program Pemanfaatan IPTEKS Bagi Masyarakat (PIKAT) yang menghasilkan produk olahan kimchi dengan bahan utama dari sayur sawi. Tidak hanya berhenti pada gagasan tersebut saja, akan tetapi juga dilakukan penyuluhan tentang bagaimana memanfaatkan media sosial dan e-commerce dalam melakukan pemasaran produk Kimchi. Memanfaatkan media sosial dan e-commerce adalah salah satu strategi pemasaran termurah yang dapat dianut oleh banyak orang yang memiliki bisniskecil ataupun besar, atau bahkan bagi yang ingin memulai bisnis baru. Media sosial yang akan dibahas adalah Instagram sedangkan untuk e-commerce yang digunakan adalah aplikasi Shopee. Kegiatan ini dapat memberi solusi bagi para penduduk untuk meningkatkan pendapatan melalui gagasan ide produk baru seperti produk olahan kimchi dan memanfaatkan aplikasi e-commerce dalam sistem penjualan.