STRATEGI PENGUATAN CITRA PRODUK UMKM KERIPIK PISANG DI DESA GALENGDOWO MELALUI PENGEMASAN DAN PELABELAN
DOI:
https://doi.org/10.33005/jatekk.v4i1.85Keywords:
UMKM, kemasan, label, keripik pisangAbstract
Desa Galengdowo Kecamatan Wonosalam kabupaten Jombang merupakan daerah dataran tinggi dengan potensi pemandangan alam yang indah dan penghasil buah buahan salah satunya adalah pisang. Melimpahnya buah pisang, membuat sebagian masyarakat desa galengdowo menekuni usaha keripik pisang skala kecil atau atau UMKM. Walaupun banyak yang menekuni usaha keripik pisang namun mereka kesulitan menjual produk usahanya karena pengemasan yang kurang menarik. Mereka hanya menjual produknya di kawasan desa dan mengandalkan wisatawan yang datang pada event-event. Selain penjualan yang terbatas, harga jual keripik pisang produk UMKM galengdowo juga relatif rendah. Untuk itu, diperlukan edukasi kepada pelaku UMK desa galengdowo tentang pengemasan produk yang baik serta pemberian label. Pemberian label bertujuan untuk memberi identitas dan branding produk. Program ini dilakukan dengan beberapa tahapan seperti persiapan, pembuatan desain, pencetakan, dan pemasangan. Pemberian label pada produk berpengaruh terhadap pengembangan produk karena dapat mengangkat citra dan nilai tambah produk serta meningkatkan daya saing UMKM.