PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING IKM CAMIL MASHALLO DESA TIKUSAN DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.33005/jatekk.v3i1.63Keywords:
camil mashallo, digital marketing, IKMAbstract
Kelompok Industri Kecil Menengah (IKM) Camil Mashallo Desa Tikusan, Kec.Kapas Bojonegoro merupakan usaha yang bergerak dalam bidang makanan ringan. Pelaku usaha belum memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam mempromosikan dan memasarkan produk mereka ecara maksimal. Seiring berkembangnya teknologi menyebabkan pelaku usaha mau tidak mau harus memiliki kemampuan untuk menyesuaikan teknologi dalam hal ini digitalisasi pemasaran produk. Selain itu adanya wabah Covid-19 me-nyebabkan omset usaha anggota IKM mengalami penurunan yang cukup signifikan di banding hari- hari bi-asanya. Oleh karena itu, tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan kemampuan pelaku usaha dalam memasarkan produk IKM camil mashallo melalui teknologi informasi dan komunikasi era digital. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah pendampingan mitra IKM Camil Mashallo yang berfokus pada strategi digital pemasaran. Pendampingan intensif selama satu bulan dilakukan untuk memastikan bahwa mitra mampu mengaplikasikan metode pemasaran produk secara online dan berkelanjutan. Hasil pada kegiatan pendamingan ini adalah berupa poto-poto produk IKM cmil mashallo, video, marketplace. Selain itu pihak mitra juga dibantu dalam hal promosi produl melalui beberapa akun sosial media yang dinaikkan ratingnya. Kegiatan digitalisasi pemasaran produk IKM Camil Mashallo melalui kegiatan pengabdian ini mampu kembali mening-katkan omzet penjualan.