Aplikasi Sistem Informasi Geografis Untuk Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (Studi Kasus Desa Kedamean Kecamatan Kedamean Gresik)

Authors

  • Hendrata Wibisana UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAWA TIMUR
  • Siti Zainab UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAWA TIMUR

DOI:

https://doi.org/10.33005/jatekk.v3i1.61

Keywords:

aplikasi, google my maps, sampah, TPS

Abstract

Penggunaan lahan di wilayah Desa Kedamean Kabupaten Gresik didominasi oleh penggunaan lahan tanah sawah dan tanah kering. Sebagian besar masyarakat Desa Kedamean membuang sampah di sembarang tempat, dan hanya sebagian kecil masyarakat yang sadar akan kebersihan lingkungan. Aplikasi Google My Maps dapat digunakan secara efektif untuk memberikan informasi yang akurat letak keberadaan Tempat Pembuangan Se-mentara (TPS) kepada warga desa. Aplikasi tersebut dapat bermanfaat bagi pengurus desa dalam pengelolaan sampah warga desa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk mengedukasi masyara-kat Desa Kedamean mengenai penggunaan aplikasi Google My Maps dalam mengelola sampah domestik warga desa. Metode yang digunakan dalam kegiatan PkM ini adalah penyuluhan, pelatihan, serta pendampingan bagi pengurus Desa Kedamean dalam menggunakan aplikasi Google My Maps melalui gawai masing-masing. Hasil yang diperoleh dari edukasi tersebut adalah tumpukan sampah di area Desa Kedamean dapat terkelola dengan baik oleh pengurus desa melalui data informasi TPS yang akurat dengan Google My Maps.

Downloads

Published

2024-05-22

How to Cite

Wibisana, H. ., & Zainab, S. . (2024). Aplikasi Sistem Informasi Geografis Untuk Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (Studi Kasus Desa Kedamean Kecamatan Kedamean Gresik). JATEKK, 3(1), 28–32. https://doi.org/10.33005/jatekk.v3i1.61