PENGEMBANGAN KURIKULUM MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK YKUI MASKUMAMBANG GRESIK

Authors

  • Dira Ernawati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Tranggono Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/jatekk.v2i1.22

Keywords:

kurikulum pendidikan bervisi kewirausahaan, jiwa entrepreneurship

Abstract

Kurikulum Pendidikan bervisi Kewirausahaan dipandang menjadi salah satu solusi untuk mengurangi banyaknya pengangguran dan perlu diterapkan di Indonesia. Kurikulum pendidikan bervisi kewirausahaan akan merubah keadaan Bangsa Indonesia saat ini, di mana kondisi Bangsa Indonesia sudah memiliki terlalu banyak pencari kerja dan terlalu sedikit pencipta kerja. Luaran yang diharapkan dari kurikulum pendidikan bervisi kewirausahaan ini adalah munculnya generasi muda yang mempunyai jiwa kewirausahaan, sehingga tidak lagi menggantungkan lapangan pekerjaan yang disediakan oleh pemerintah. Hal ini akan berdampak pada berkurangnya pengangguran di Indonesia. Pertumbuhan wirausahawan muda secara keseluruhan akan menciptakan kesejahteraan masyarakat yang lebih luas. SMK YKUI Maskumambang I Gresik adalah salah satu sekolah kejuruan yang memiliki keseriusan untuk mencetak lulusan yang memiliki jiwa wirausaha. Namun ternyata saat ini lulusannya masih sedikit yang berwirausaha. Didalam kurikulumnya, SMK YKUI Maskumambang I Gresik sudah memasukkan kewirausahaan sebagai salah satu mata pelajaran. Kegiatan penyuluhan ini memiliki tujuan untuk membantu para guru dalam mengembangkan kurikulum terutama untuk mata pelajaran kewirausahaan, untuk menumbuhkan kreatifitas dan jiwa entrepreneurship dari para siswa. Dari hasil diskusi selama kegiatan didapatkan penambahan materi terkait cara membuat bisnis plan dan motivasi kepada siswa didik agar memiliki kemandirian dan jiwa entrepreneurship.

Downloads

Published

2024-05-22

How to Cite

Ernawati, D. ., & Tranggono. (2024). PENGEMBANGAN KURIKULUM MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK YKUI MASKUMAMBANG GRESIK. JATEKK, 2(1), 30–35. https://doi.org/10.33005/jatekk.v2i1.22