PENGUATAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS DIGITAL DI CV. PAWON IBUN
DOI:
https://doi.org/10.33005/jatekk.v3i2.72Keywords:
digital, media, pawon ibun, pemasaran, pengusahaAbstract
Pengusaha merupakan salah satu pekerjaan yang menjadi salah satu sektor yang menyerap lapangan kerja yang cukup signifikan, namun pengusaha yang ada di Indonesia hanya sekitar 3,4 % dari total seluruh penduduk Indonesia. Hal ini memerlukan indakan lebih lanjut khususnya untuk menciptakan pengusaha lebih banyak dengan melakukan pelatihan melalui program matching fund. Tujuan dari program tersebut ialah untuk menjembatani antara dunia industri atau dunia usaha dengan dunia Pendidikan dalam hal ini perguruan tinggi. Program ini tidak hanya berupa pelatihan saja, tetapi nantinya akan dilakukan program-program lain seperti pendampingan untuk menentukan target market, mempelajari digital marketing, optimasi iklan untuk social media dan juga pemasaran produk. Hal ini merupakan salah satu bentuk strategi promosi bagi mahasiswa untuk CV Pawon Ibun. Metode yang dipilih yaitu diskusi dan praktek secara langsung dalam pelaksanaan program tersebut. Hasil yang diperoleh yaitu terbentuknya target pasar yang lebih luas dan juga menambah wawasan terkait pengusaha. Target pasar yang diperoleh yaitu sekitar 10% untuk jangkauan akun media sosial. Untuk dari segi konten yang akan diupload di media sosial lebih menarik dibandingkan dengan membuat konten pribadi tanpa panduan.